BERSIH DESA (SEDEKAH BUMI) DESA ASEMPAPAN TAHUN 2022

  • Sep 12, 2022
  • ASEMPAPAN-TRANGKIL

Covid sudah melandai...............................pemerintah sudah membuka keran dengan membolehkan mengadakan acara untuk umum. Hal ini menjadi agin segar buat masyarakat Asempapan yang sudah 2 tahun tidak bisa menikmati kumpul-kumpul dan menyaksikan hiburan, atas dasar itulah akhirnya pemdes Asempapan untuk bersih Desa (sedekah bumi) tahun 2022 diadakan beberapa rangkaian acara yang berskala umum. Acara bersih desa akan dilaksanakan mulai tanggal 23 -28 juni 2022, adapun rangkaian acaranya adalah :

1. Manaqiban 

2. Khotmil Qur'an bil Ghoib

3. Tahlil Umum (Kondangan Akbar)

4. Jalan Santai dan Senam Bersama

5. KDA (Kontes Dangdut Asempapan)

6. Khataman Qur'an Bin Nadhor

7. Sholawatan dan Pengajian Umum

Agenda sedekah bumi diawali dengan acara Manaqiban yang dilaksanakan pada hari kamis, tanggal 23 Juni 2022 pukul 16.00. Acara tersebut dihadiri oleh Pemdes Asempapan, BPD, LPMD, KPMD, Karang Taruna, LINMAS, Ketua RT dan RW se-Desa Asempapan, Babinsa, Babinkamtibmas dan Tokoh Mayarakat. Manaqib dibaca oleh Kasi Pelayanan (MODEN) Desa Asempapan Kyai Suratman, adapun doa di pimpin oleh KH.Mafruhin Abdurrahman. Dalam sambutannya kepala Desa berpesan "Setelah dua tahun terpuruk karena covid-19, Bersih Desa tahun ini mari kita bersama-sama untuk serta merta menjaga kerukunan, kekompakan dan saling gotong royong untuk kembali bangkit menuju Asempapan yang berdikari".

 Agenda selanjutnya yakni Khotmil Qur'an Bil Ghoib yang dilaksanakan pada hari jum'at tanggal 24 Juni 2022 pukul 06.00 - 13.00, peserta Khotmil Qur'an terdiri dari 32 hafidzah dari Desa Asempapan. Acara dibuka langsung oleh Ibu Nyai Hj. Umi Farida Sahal ( Pengasuh Ponpes Manba'us Sa'adah sekaligus ketua JMQH Kabupaten Pati) adapun doa Khotmil Qur'an di pimpin oleh Ibu Nya Muallifah Shofwan.

Pada hari yang sama jum'at tanggal 24 Juni 2022 malam harinya pukul 19.00 WIB (Habis Isya') dilaksanakan acara Tahlil Umum (Kondangan Akbar) yang dilaksanakan di Balai Desa Asempapan yang diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat meliputi, anak-anak, remaja putra, bapak-bapak dan dihadiri pula oleh masyarakat dari desa lain. 

Paginya Sabtu, 25 Juni 2022 dilaksanakan jalan sehat dan senam bersama, acara diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat berjumlah 1200 orang. Banyak sponsor yang ikut serta memberikan Doorprize untuk mensukseskan acara tersebut diantaranya dari : Apotek Bintang Timur, Showroom Bintang Timur, Bunga Hijab, Kopi Mocopat, Lejar Semabko, Faya Collection, Omah Mutif, Amanah Daging, Krapyak Bapak Ahyar, Gula Merah Barokallah, Kecap Ananuri, Beras Sukawi, kerupuk aqied dll. 

Malam Harinya agenda acara KDA (kontes dangdut Asempapan), acara KDA untuk mewadahi warga asempapan yang mempunyai bakat terpendam dibidang tarik suara. hal ini dibuktikan dengan banyaknya warga Asempapan yang daftar untuk mengikuti ajang KDA. Acara KDA dilaksanakan selama 2 hari, yakni babak penyisihan dan babak final, adapun juara dari KDA (Kontes Dangdut Asempapan) adalah : 

Juara 1 ; Sukamto  RT 04 RW 02

Juara 2  : Arwan RT 03 RW 02

Juara 3 : Ayu RT 01 RW 04

Harapan 1  : Zaenuri RT 01 RW 01

Harapan 2  : Suwanji RT 04 RW 02

Harapan 3  : Joko RT 04 RW 02

Acara Penutup dari Sedekah Bumi adalah, Khotmil Qur'an Bin Nadhor, Sholawatan dan Pengajian Umum, sebelum acara Sholawatan dan pengajian umum dimulai diadakan acara Khotmil Qur'an Bin nadhor yang dilaksanakan pukul 19.00 di balai desa yang dihadiri oleh Pemdes Asempapan, BPD, LPMD, KPMD, Linmas, Karang Taruna, Ketua RT dan RW, dan Tokoh masyarakat. Setelah Khotmil Qur'an Bin Nadhor selesai acara dilanjutkan sholawatan  yang dipimpin oleh Tim Hadroh Miftahul Jannah dibawah pimpinan Abah jali Al-Katsiri dan Mauidhoh Hasanah oleh KH.Pandoyo dari Tegalharjo.